Rabu, 08 Desember 2010

Mengobati jerawat


Ada banyak tips untuk menghilangkan jerawat secara alami, semoga bermanfaat: 
  1. Menggunakan 5 kuntum bunga mawar, dihaluskan, berilah air jeruk nipis, oleskan ke wajah yang berjerawat. 
  2. Memakai lidah buaya. Potong lidah buaya, kupas kulitnya, dan makanlah lidah buaya mentah-mentah. Kata Ibu Tuti, lidah buaya juga bisa untuk menghilangkan penyakit dari dalam tubuh, katanya sudah dikonsultasikan ke dokter tidak apa-apa. Memakan lidah buayanya lakukan setiap hari.
  3. Memakai bahan-bahan seperti : Temulawak 10 gr, Asam (yang sudah lama) 10 gr, kencur 10 gr diparut, jinten, gula aren. Tumbuklah semua bahan-bahan tadi, setelah halus, seduhlah dengan air panas. Kemudian diminum dan pengobatan dari luar tubuh dengan mengoleskan jeruk nipis ke wajah yang berjerawat, ketika malam hari. Pada pagi hari, cucilah wajah. Lakukan kedua pengobatan ini setiap hari
  4. Memakai kencur yang diparut, peras, endapkan air perasan tadi. Sebelum memakai endapan tadi, cucilah wajah dengan air hangat, oleskan air (bukan endapannya) tadi ke wajah menjelang tidur. Endapan kencur tadi bisa digunakan untuk masker wajah yang dicampur dengan rumput teki, teri adas, lembutkan bahan-bahan tadi kemudian berilah air hangat. Pakailah untuk masker wajah.
  5. Cuci muka dengan air Air seduhan 7-10 lembar daun sirih (Piper betle) mujarab untuk mematikan bakteri yang menyebabkan jerawat sehingga dapat digunakan untuk mencuci muka sebanyak dua atau tiga kali sehari.
  6. Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi), yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah berjerawat. Menurut beberapa ahli kulit, belimbing wuluh bersifat sejuk, dan berkhasiat sebagai antiradang dan astrigen (memperkecil pori-pori kulit wajah).
  7. Wajah berjerawat juga lebih segar jika diuapi dengan seduhan satu bungkus daun teh. Sebungkus kecil daun teh yang diseduh dengan air panas baru mendidih, lalu uapkan pada wajah yang berjerawat.
  8. Jeruk nipis (Citrus aurantium) yang dioleskan pada wajah malam hari sebelum tidur dan baru dibersihkan pada pagi harinya, dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum). Masker lain yang dapat digunakan mengatasi jerawat adalah masker temulawak (Curcuma xanthorizza). Kompres wajah dengan air es setelah menggunakan masker akan membantu meningkatkan hasilnya.
  9.  Daun dewa dan mahkota dewa juga berkhasiat sebagai obat jerawat. Tanaman lain yang dapat dimanfaatkan sebagai masker antijerawat adalah tumbukan pucuk daun jambu batu (Psidium guajava). Lidah buaya (Aloe vera) yang terkenal dapat menghaluskan kulit juga dapat digunakan sebagai masker penghilang jerawat.
  10.  Kentang (Potato solanum tuberosum) juga dapat dikompreskan pada jerawat. Potongan kentang yang diiris tipis-tipis ditempelkan pada kulit yang meradang karena jerawat hingga warna kentang keabu-abuan dan kering.
  11. Siapkan 3 buah belimbing asa dan garam secukupnya. Kemudian buah belimbing asam diparut dan dicampur dengan garam sampai benar benar merata. Dan gunakanlah hasil campuran tersebut sebagai bedak dibagian wajah yang berjerawat.Belimbing asam mengandung bahan kia semacam asam oksalat dan kalium. Disamping itu juga mengandung ekstrak untuk melawan staphylococus.
     Sedangkan flek-flek hitam di wajah bekas jerawat dapat dihilangkan dengan masker jagung (Zea mays) muda atau bengkoang. Parutan jagung muda atau bengkoang dioleskan ke bagian-bagian yang hitam lalu diamkan sampai mengering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar